Sabtu, 08 Februari 2014

DESA WISATA

           Berwisata kini telah menjadi kebutuhan manusia untuk melepaskan kepenatan dan kejenuhan setelah melakukan aktivitas bekerja. Berbagai macam jenis wisata pun ditawarkan seperti wisata pantai, wisata hutan, wisata gunung, sport, wisata budaya, dan wisata desa. Orang-orang yang hidup diwilayah perkotaan kini mulai merindukan suasana dipedesaan namun tidak untuk menetap oleh sebab itu sekarang banyak bermunculan paket-paket wisata untuk mengujungi desa. Salah satu desa yang patut untuk di kunjungi sebagai desa wisata yaitu desa labuhan ratu 9.

Sekilas Profil Labuhan Ratu 9

Desa labuan ratu 9 atau lebih yang lebih dikenal dengan sebutan desa Dusun PLANG IJO yang mengandung arti bahwa pada saat para tokoh dan masyarakat membuka lahan ada tanda khusus antara lahan pertanian dan batas wilayah Hutan Taman Nasional terdapat Plang yang didominasi dengan warna hijau maka untuk memudahkan penyebutan nama diberi nama plang ijo. Desa Labuhan Ratu 9 terletak berbatasan langsung dengan taman nasional way kambas dan perkebunan buah terbesar di Lampung yaitu PT NTF (Nusantara Tropical Fruit) yaitu buah pisang, nanas, jambu dan buah naga. Masyarakat desa labuhan ratu 9 sebagian besar bersuku jawa dan palembang, mengingat dari sejarah karena merupakan  daerah transmigrasi dari pulau jawa.

Desa labuhan ratu 9 sebagai pintu masuk utama untuk menujuk obyek wisata pusat konservasi gajah (PKG). Desa Labuhan Ratu 9 memiliki luas wilayah 820,29 Ha secara administratif desa ini berada di Kecamatan Labuhan Ratu, Kabupaten Lampung Timur Provinsi Lampung. Pada awalnya desa ini merupakan sebuah dusun dari desa labuhan ratu 6 kemudian atas berbagai pertimbangan dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka kepala desa Labuhan Ratu 6 yang ketika itu dipimpin oleh Bapak Prayitno mempunyai sebuah program yaitu mempercepat pemerataan pembangunan desa maka melalui musyawarah antara pemerintah kecamatan, perangkat desa dan tokoh masyarakat untuk mengajukan desa persiapan. Setelah melalui beberapa proses yang panjang dan dukungan dari masyarakat pada 04 april 2005 telah diresmikan menjadi Desa Labuhan Ratu IX oleh Bupati Lampung Timur. Namun pada tahun 2007 Desa Labuhan Ratu IX diresmikan menjadi Desa Devenitif yang terbagi menjadi 4 dudun yaitu: Dusun Sido Dadi, Dusun Sido Mulyo, Dusun Sido Makmur dan Dusun Sido Asri.

Mata pencarian penduduk
Sebagai pintu masuk utama menuju kawasan taman nasional way kambas desa ini sering dikunjungi oleh wisatawan domestik atau turis asing. Suasana yang asri dan keramah tamahan serta kehangatan masyarakat desa labuhan ratu 9 terhadap orang asing menjadikan desa ini layak sebagai desa wisata. Mayoritas masyarakat labuhan ratu 9 memeluk agama islam dan beberapa dari mereka beragama kristen protenstan. Mata pencarian sebagai petani hal ini sesuai dengan luas lahan pertanian yang dimiliki oleh masyarakat Desa Labuhan Ratu 9. Pola penggunaan lahan pertanian secara garis besar terbagi menjadi dua yaitu pertanian lahan kering digunakan sebagai perkebunan karet dan singkong, sedangkan lahan basah diperuntukan untuk menanam padi

                                      Pertemuan kelompok tani desa labuhan ratu 9


pertemuan ibu-ibu untuk membuat kerajinan tangan dari sampah

                                   Kebun singkong milik masyarakat desa Labuhan Ratu 9


Obyek dan daya tarik desa wisata
1.      Kesenian tradisional
Setiap suku memiliki keunikan tersendiri yang dapat menjadi ciri khas dari masyarakat tersebut. Mayoritas masyarakat desa labuhan ratu 9 adalah suku jawa sehingga kebudayaan yang melekat yaitu budaya jawa seperti bahasa yang sering mreka gunakan sehari-hari selain bahasa indonesia yaitu bahasa jawa sebagai bahasa daerah dan beberapa kesenian tari daerah seperti reog ponorpogo dan kuda lumping. Tarian yang mengandung undur mistis ini banyak disukai oleh masyarakat sebagai hiburan.
                                
                                                  Tari Reog Ponorogo

Foto bersama para penari reog


2.      Tracking dengan menggunakan sepeda
Mengunjungi desa labuhan ratu 9 tak lengkap jika tidak berjalan-jalan di sekitar desa. Pengujung yang tak perlu khawatir untuk transportasi untuk melihat-lihat desa karena telah disediakan penyewaan sepeda bagi pengujung. Sepedah yang diprgunakan yaitu sepeda tua/sepeda ontel milik masyarakat. Pengujung dapat menikmati susana desa yang asri dan perladang milik masyarakat seperti kebun singkong, kebun karet dan kebun akasia.




3.      Home industri
·         Mengelola sampah limbah plastik
Sampah-sampah plastik yang selama ini hanya merusak lingkungan ditangan para ibu-ibu di desa labuhan ratu 9, sampah-sampah limbah plastik ini dapat diolah menjadi bebagai jenis souvenir cantik seperti tas, dompet, gantungan kunci dan brose/pin.
                 Tas dan dompet yang terbuat dari sampah plastik
                                           
                                                    Tas Cantik yang terbuat dari sampah plastik

·         Kulinery
Ibu-ibu desa labuhan ratu 9 juga pintar dalam mengelola berbagai jenis makanan yang terbuat dari singkong seperti nasi tiwul, keripik singkong, kerupuk singkong dan keripik singkong.

·         Pembuatan gula merah
Beberapa dari masyarakat desa labuhan ratu 9 memproduksi gula merah dengan cara yang masih tradisional. Gula merah terbuat dari air nira kelapa. Air kelapa ditampung dalam wadah jerigen dari bunga kelapa yang telah dipasang 1 hari sebelumnya. Air kelapa ditampung kedalam kuali besar untuk direbus hingga cairan mengental dan siap untuk dicetak.

Proses pembuatan gula merah dari kelapa (air nira di rebus hingga mengenta lalu diceta)



4.      Biogas
Biogas merupakan energi alternatif yang memiliki banyak manfaat seperti gas yang dipakai untuk memasak dan slury yang dihasilkan sangat sebagai pupuk pertanian. Biogas yang berasal dari kotoran sapi yang telah diproses dalam tabung bio digester sehingga dapat menghasilkan gas.
5.       Events
Peristiwa-peristiwa penting yang ada di desa labuhan ratu 9 yaitu acara 1 muharam, ulang tahun desa dan acara 17 agustus. Pada ketiga hari tersebut desa melakukan perayaan di desa seperti mengadakan tari-tarian reog atau kuda lumping, pengajian atau doa selamat untuk warga di desa serta acara perlombaan seperti sepak bola, volly ball, balap karung, makan kerupuk. sosial budaya yang masih kental dikalangan masyarakat masih suka mengadakan acara pengajian secara ruti setiap seminggu sekali dan yasinan.

Saran dan prasanan
                 Pengujung yang ingin datang ke desa labuhan ratu 9 telah tersedia sarana akomodasi penginapan. Di desa labuhan ratu 9 terdapat cottage yang bernama ecolodge yang menyediakan penginapan layaknya sebuah hotel namun cottege tersebut tetap mengusung tema ramah lingkungan dengan menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi dan penerang. Pengujung juga dapat bermalam di rumah warga, karena warga telah menyediakan penginapan bagi pengujung yang akan menginap (homestay) dengan tarif yang lebih murah. Fasilitas pendukung lainnya yaitu terdapat beberapa masjid bagi umat muslim yang akan beribadah dan pukesmas desa sebagai pelayanan kesehatan untuk masyarakat desa labuhan ratu 9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar